Copyright © Sainsblog
Design by Dzignine
Minggu, 18 Februari 2018

Penyakit Influenza


Apa itu flu (influenza)?

Flu, atau influenza, adalah infeksi virus pada pernafasan. Influenza datang secara tiba-tiba, berlangsung selama 7 sampai 10 hari, dan biasanya hilang begitu saja. Kebanyakan orang sembuh sepenuhnya. Namun, bagi orang tua, balita, dan orang dengan imunitas yang lemah, flu bisa memicu kondisi yang lebih parah dan bahkan mengakibatkan kematian akibat komplikasi. Tipe lain dari flu adalah flu babi (HIN1), flu burung (H5N1, H7N9), dan lain-lain.
Setiap tahun terdapat 10% hingga 15% kasus flu, memengaruhi 250.000 – 500.000 orang. Jenis baru dari influenza A/H1N1 menyebabkan wabah pada Juni 2009. Kebanyakan orang terjangkit pada musim gugur dan musim dingin.

Seberapa umumkah flu (influenza)?

Flu sangat umum dan bisa memengaruhi pasien dari segala usia. Influenza dapat dihindari dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan mendiskusikan dengan dokter Anda untuk info lebih lanjut.
Orang dewasa biasanya terjangkit influenza 2-3 sekali per tahun sedangkan anak-anak bisa mencapai 6-7 kali per tahun. Beberapa orang yang mempunyai risiko lebih tinggi untuk pilek:
  • Anak-anak di bawah 5 tahun, dan terutama mereka yang di bawah 2 tahun
  • Orang dewasa berusia lebih dari 65 tahun
  • Penghuni panti jompo dan fasilitas pelayanan jangka panjang
  • Wanita hamil
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah
  • Orang yang mempunyai penyakit kronis seperti asma, penyakit jantung, penyakit ginjal dan diabetes
  • Orang yang sangat gemuk, dengan Indeks Massa Tubuh (body mass index alias BMI) sebesar 40 atau lebih

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala flu (influenza)?

Gejala flu datang secara tiba-tiba. Tanda dan gejalanya biasanya mulai dari 24 sampai 48 jam setelah terpapar virus flu. Gejala dan demam terburuk biasanya berlangsung selama 3 sampai 5 hari. Tanda dan gejalanya seperti panas tinggi (mencapai 40° C), panas dingin, nyeri otot, merasa sangat lemah atau lelah, sakit kepala, sakit mata, batuk, bersin, sakit tenggorokan, hidung meler, dan sakit perut (terlebih pada anak-anak dibandingkan orang dewasa). Batuk dan merasa sangat lemah dan lelah bisa bertahan hingga 6 minggu.
Mungkin ada beberapa tanda dan gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai gejala pilek, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.



Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YSgkoldBNkI
              https://hellosehat.com/penyakit/flu-influenza/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Domo-kun Cute