Copyright © Sainsblog
Design by Dzignine
Minggu, 18 Februari 2018

Penyakit Faringitis

Apa itu Faringitis?

Faringitis adalah sebuah kondisi medis yang ditandai dengan peradangan atau inflamasi dibagian faring (bagian ini terletak dibagia belakang dari tenggorokan), yang biasanya ketika bagian ini mengalami inflamasi efek yang akan dirasakan pada si penderita adalah perasaan nyeri sewaktu menelan. Kondisi inilah yang seringkali terjadi dan seringkali menunjukan gejala sakit tenggorokan.
Adapun pada umumnya, inflamasi yang terjadi dibagian ini disebabkan oleh adanya infeksi akibat bakteri atau virus seperti halnya yang terjadi pada kasus pilek. Kekebalan terhadap sakit tenggorokan baru terbentuk pada usia dewasa sehingga penyakit ini umumnya akan lebih banyak menyerang anak kecil dan remaja.
penyakit faringitis

Dengan demikian, pada umumnya sakit tenggorokan biasanya muncul sebagai bagian dari gejala penyakit pilek yang menyerang seseorang. Akan tetapi, pada gejala pilek, sakit tenggorokan ini akan dapat menghilang dengan sendirinya dihari pertama atau kedua setelah pilek datang.
Penyebab umum dari sakit tenggorokan atau faringitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus, seperti influenza. Infeksi bakteri seperti alergi, radang tenggorokan atau refluks asam lambung yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi. Contohnya, sepert bakteri yang termasuk kedalam Streptococcus Grup A dan jenis bakteri lainnya yang konteksnya lebih jarang seperti bakteri arcanobacterium dan juga bakteri corynebacterium.
Kebanyakan orang yang menderita penyakit faringitis ini lebih sering terjadi pada saat suhu yang dingin atau musim hujan.
Penyakit ini seringkali menyebar dari anggota keluarga karena jangkauannya lebih dekat. Ketika anda mengalami faringitis dan berdekatan bersama dengan si buah hati atau suami anda, maka akan besar kemungkinannya jika mereka pun akan mengalami keluhan kesehatan yang sama dengan anda. Nah, untuk menghindari kondisi ini, maka sebaiknya jauhkan atau hindari kontak bersama dengan anggota keluarga yang lain.
Selain itu, peradangan yang terjadi dibagian daerah faring akan menyebabkan rasa sakit yang cukup panjang serta timbulnya gangguan lain yang berhubungan dengan organ pernapasan dan mulut.

Bahkan mungkin ketika kondisi ini terjadi, anda akan mengalami kesulitan atau masalah dengan makan atau mengunyah dengan benar, karena rasa sakit yang nyeri yang begitu tak tertahankan dibagian tersebut. Beberapa orang yang menderita faringitis bisa juga merasakan sakit atau nyeri yang parah dan terasa hingga kebagian tenggorokan dan juga telinga.

Gejala Faringitis

Untuk bisa mengenali sebuah penyakit, maka penting sekali untuk kita dapat mengetahui seperti apa gejala-gejala yang akan muncul sebelum penyakit ini berkembang dan menyebar dalam tubuh. Selain itu, bila si gejala ini sudah terlanjur anda rasakan, setidaknya penanganan yang lebih dini bisa dilakukan untuk mencegah kemungkinan terburuk dari penyakit yang satu ini.
Nah, berikut ini ada beberapa gejala dari penyakit faringitis yang perlu diketahui.

Gejala Faringitis Akibat Virus:

  • Demam
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri otot
  • Batuk
  • Hidung beringus
  • Sakit kepala
  • Kelenjar yang membesar pada leher

Gejala Faringitis Akibat Bakteri:

  • Demam Tinggi
  • Tonsil/ amanedel yang membengkak
Pada pemeriksaan ini, faring umumnya berwarna merah. Tonsil palatumyang membesar dan terdapat tanda eritma dan mungkin memiliki eksudat yang berwarna putih.

Lantas Apa Saja Penyebab Faringitis?

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang mudah terkena dengan penyakit faringitis. Anak-anak yang masuk sekolah, pada umumnya lebih rentan terjangkit dengan penyakit yang satu ini karena tertular dari anak lain yang sedang mengidap penyakit influenza. Adapun beberapa penyebab penyakit yang satu ini lebih sering disebabkan oleh dua faktor yakni faktor penyebab yang umum dan faktor penyebab yang khusus (faktor penyebab yang jarang terjadi)
Nah, untuk mengetahui seperti apa saja faktor penyebab tersebut, mari simak dibawah ini.

Faktor Penyebab Umum Faringitis

Faktor penyebab paling umum yang seringkali ditemukan adalah karena adanya infeksi dari bakteri atau virus. Salah satu jenis virus yang seingkali menyebabkan timbulnya faringitis pada si penderita adalah virus influenza. Virus dari pilek dan flu ini dapat menyebabkan gangguan dibagian hidung, tenggorokan dan telinga. Pada umumnya, kondisi sakit ini akan lebih sering dijumpai pada anak-anak dan juga remaja. Adapun penyebab umum dari penyakit ini diantaranya adalah:
  • Orang yang sudah memiliki penyakit sinusitis.
  • Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap debu, bulu binatang dan aroma yang menyengat.
  • Orang yang terkena paparan asap rokok dalam waktu lama.



Sumber: https://bidanku.com/penyakit-faringitis-sakit-tenggorokan-gejala-penyebab-dan-cara-penanganannya
              https://www.youtube.com/watch?v=ZLIrO-HBWZU

0 komentar:

Posting Komentar

 
Domo-kun Cute